Year 2 AP
Akhir tahun 2020. Akhir tahun yang dielu-elukan sebagai tahun terburuk. Berbagai macam kalangan menginginkan untuk segera mengakhiri tahun ini dengan harapan keadaan mulai membaik. Tetapi di keadaan seperti ini...... Kok ya gue ngapdet ini blog sekian tahun gak diapdet ya :v.
Setelah sekian tahun tidak mengisi halaman blog ini mendadak saya ingin sekali mengisi kembali, mewarnai kembali blog ini. Dimulai dengan menulis draft tidak penting ini saya sesungguhnya lupa, blogspot masih idup gak sih? Kalo udah mati ini draft kudu diapain dong sayang :v. Bodo amat, kalo ini bisa dipost berarti saia menang taruhan kalo ini masih idup.
2020 Common Era. Tahun Covid-19 merembak ke seluruh dunia. Orang-orang waras berlindung di belakang pintu masing-masing. Ekonomi yang telah dibangun perlahan dengan tekad dan komitmen runtuh dalam sekejab tanpa pandang bulu. Pekerjaan yang menopang diri mereka lenyap seketika. Negativitas terasa mengalir dalam tubuh setiap orang tanpa terkecuali.
Ceuilah gaya bener boi paragrafnya. Tapi serius, tahun ini tahun yang paling dikata-katain sama banyak orang. Ya ada Covid lah, ada ilang kerjaan, ada yang bisnis runtuh, meninggal karena covid, muncul perpecahan baru lah, dan lain sebagainya. Jadi kalau entah bagaimana dalam 1000 tahun lagi apabila ini artikel dibaca oleh alien mereka bisa tahu bahwa memang 2020 itu benar menjadi hal besar dalam sejarah manusia.
Yang menarik untuk saya pribadi adalah pada tahun ini saya merasa lebih positif. Bukan positif hamil tentu saja. Positif covid juga jangan sampai. Tetapi ada berbagai macam hal yang menarik menurut saya pribadi yang mungkin kalau ini tahun ini tidak ada, saya gak akan bisa menemukan ini. Ya mungkin ini yang dibilang bahwa segalanya ada positif dan negatif. Tentu saya gak bisa menutup mata pada hal-hal negatif yang terjadi pada dunia maupun pada saya pribadi. Di saat yang sama mengapa saya juga tidak bisa menutup mata pada hal-hal positif yang terjadi pada saya.
Salah satunya adalah Work From Home (WFH). Saya itu Hikikomori. Kalo bisa gak keluar kamar saya gak akan keluar kamar. Jangankan keluar rumah, nggak keluar kamar (selain buat ke wc sama makan) saya males. Jadi ya surprise-surprise saya memang lebih senang untuk kerja dari rumah semenjak dahulu kala. Kerja ya di kamar aja, di atas kasur, sambil muter lagu asik kenceng2 gak peduli sama sekitar, pake baju seenak udel. Produktifitas? Lebih dari pada harus di kantor. Udah harus gerak ke kantor, berarti nyiapin ini itu, sampe sana kudu senyam-senyum jaga gaya. <sigh>. BUT HOOOOO BOOOIIIIIIIIII. Model kerja saya semakin diterima, mulai banyak obrolan bahwa "Hei, selama internet kita bagus berarti kita gaperlu punya kantor gede2", dan muncul wacana bahwa new normal ini bakal jadi THE normal, yaaaaaaa wajar sih kalo saya merasa menang dari 'dunia' ini.
Berhubung saya bingung transisi dari paragraf sebelum ke paragraf ini yang keren gimana, anggap ini transisi yang kece banget. Jadi saya di lini masa merasa makin banyak yang ngepost tentang mental health. Dan yang paling ngena banget di saya itu adalah "Kita gak perlu produktif untuk punya nilai kok" atau sejenisnya yang (mungkin) menjadi coping mechanism bagi mereka yang biasa super produktif terus sekarang di rumah terus jadi merasa hina. Kenapa menurut saya ini ngena banget? Karena buat saya lah ternyata mental health saya itu lebih baik daripada mereka yang produktif-produktif itu. Lel senga. Terus banyak "Elu boleh salah kok gak selamanya harus bener" yaaaaaaaaaaaaaa gimana yaaaaaaaaaaaaaaaa. Namanya manusia kalo selamanya bener namanya tuhan, dewa, kami, atau apalah sebutan bagi para higher being lainnya. Jadi keinget ada yang pernah bilang "Kita itu gak boleh menyalahkan diri sendiri, kita harus mampu memaafkan diri sendiri." Lah ya bu kalo diri sendiri itu tidak pernah salah ngapain dimaafin? Salah kagak sok-sok maafin. Kek ada orang di jalan terus kita tepok "Bro, lo gw maafin." Itu orang mukul kagak dimaafin iya, habis ini kita dipukul malah lebih mungkin. Jadi yaa saya merasa sangat positif karena ternyata sekitar saya banyak sekali yang negatif lel. Ato ya saya apatis aja sih. HIDUP HIMPUNAN MANUSIA APATIS!!! ATO DISINGKAT JADI HIMA, GAADA KERJAAN!!!! Naon sih Jo.
+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+
Oh, bukan 2020 kalo saya gak main game..... Nggak perlu 2020 juga sih TAPI BODO AMAT, AING MO REVIEW GAME YANG AING MAENIN DI 2020!!!! Oh ini in no particular order karena saya gak tau GOTY saya pribadi apa. Paling Sakuna :v. Apa? Spoiler? Tentu saja ada.
Persona 5 Royal
HOOOOOOO BOIIIIIIII. Jadi ini menarik. Buat saya Persona 5 itu sudah sangat luar biasa. Tapi Royal ini MANTAB ANJJIIIIIIIIIIIIIIIIIIING! Third Semesternya seluar biasa itu. Bisa baton touch ini ngubah banyak banget hal. Technical menjadi penting yang mengakibatkan saya jadi make status JAUH lebih sering ketimbang di vanilla. Terus ya terus SUMIRENYA LUCU PISAN YA TUHAAAAAAAN!!!! Oh ya Akechi yang Loki juga keren banget. Cuma ya sayang aja ini dua karakter cuma bisa dipake nanti jauh banget.
Sakuna: Of Rice and Ruin
Ya udah disebut ya saya suka banget. Desain visual karakternya lucu-lucu. Atmosfernya comfy terus ngena banget. Terus tadinya saya gak suka gitu sama beberapa karakternya, tapi berujung saya sekarang sih merasa terikat dengan mereka semua. Terus ya terus gameplaynya itu kece pisan. Farmingnya itu sesuatu terus sidescrollingnya sih mantap tight control gitu. Yang paling saya suka ya Sakuna pas di akhir tak pikir bakal nangis terus "KU TAK MAU LAGI BERPISAH DARI AYAH IBUUUU!!!!" ternyata menatap tajam kece "Yep, sampai jumpa mak babeh. Ku tahu kita tak akan bertemu lagi but I'm glad I met you here." ya intinya dari cengeng manja abal jadi keren pisan ini karakternya Sakuna.
Iceborne
Yep........... I......... Kinda......... like it but.............. Banyak kontennya yang diminta online. Sure yang ngga online seru, TAPI INTERNET AING MENGABAL BOS!!!!! Jadi ya saya kelewatan banyak hal jadi yawda

ReMind
NAH INI. Jadi ya jadi itu lawan data org 13 walau idenya rehash tapi ini sesuatu si. Mana setiap karakter lagunya rearrange lagi. Mana Vector to Heaven jadi kece pisan lagi. Terus battlenya sesuatu banyat. Terus lawan Yozora juga seru pisan walau belum menang sampe sekarang. Jadi ya kece sih.
Final Fantasy VII Remake
INI GUE SUKA BANGET. Sebelum ada yang mencoba membaca dan membuktikan kalo saya gasuka, buat saya FF7R ini kece banget. Gw suka banget sama gameplaynya apalagi kalo dibandingin sama ff7 saya itu termasuk yang ga suka sama sistem materia jadi ini buat saya kemajuan besar. Apa? Lagunya yang megang ada Hamauzu? OH SAYA SIH SENANG!!! Senang banget banyak musiknya yang kece kok. Apa ceritanya? Saya sih gaada masalah, tandanya saya dapet cerita baru. Jadi ya saya seneng kok sama FF7R part 1 ini. Ditunggu part 2nya.

Breath of the Wild
Iya, akhirnya saia main Zelda. Dan..... It's kinda good to be honest. Nggak naro impresi yang besar sih buat saya. Saya gak care sama karakternya, saya gak care sama dunianya, gameplaynya okelah menurut saya. Tapi saya bisa sih ngeliat kenapa banyak yang suka bahkan jadi GOTY jadi ya oke-oke aja. Saya juga maen cuma biar ngerti Hyrule Warrior Age of Calamity sama nunggu BotW2 berhubung Zelda rambut pendek lucu beud boi.

Hyrule Warriors: Age of Calamity
TERNYATA BUKAN PREKUEL!!! Dan saya seneng-seneng aja. Sama kayak FF7R, loh berarti saya dapet cerita baru dong. Terus ngeliat link lari staminanya gak abis itu sesuatu banget sih. Sama saa lumayan suka dengan sistem peta, upgrade sini upgrade sana, jadi ada progression. Terus ini Legend of Zelda sekali bukan legend of link kek game-game Zelda lainnya.
Helltaker
WHO DOESN'T LOVE IT??!! Ini bagus banget sih. Kenapa bagus? Kenapa yaa? Entah. Mungkin karena gambarnya lucu. Mungkin karena puzzlenya menarik. Mungkin karena ternyata gratis. Mungkin karena developernya jualan resep pancake. Pastinya sih buat saya bukan musiknya walau kece tapi bukan makanan saia. Tapi yaaaaaa Bagus kok.
Magicami DX
Ketika lagi coba2 game gacha gajelas ini dan Apa ene kenapa SOUL sekali. Ini kece banget si. Terus diseldik-selidikin ternyata bikinnya aja 1.2 miliyar yen. Lah ya niat bener. Untung bagus. Udah BEP belum ya ini? Also Akisa a cute.
Tohou Luna Nights
Iseng main gegara Sakuya+Metroidvania+yang bikin game bonusnya smt itu. Terus kece. Lagunya oke luar biasa. Bosnya kerasa kayak mereka kalo di gamenya. Jadi kek Nitori ya pake robot, Flandre 4 of a kind, Marissa pake laser, dll. Iya lah ya, kalo gak gini diprotes sama yang maen Touhou. Jadi pengen maen yang Deedlit tapi masi Early Access jadi yawda nanti aja.
Taimanin RPGX
Iye, gue baru maen. Kemane aje gue selama ini. Ya males aja si kudu pake lalala buat ngebypass ipos. Tapi so far so good. Ngga sebegitu wah kek pas main mgcm tapi ya cukup oke lha. Apalagi mengingat semua karakter ada scenenya ya saia senang si. Terus dimainin cuma gegara Yukikaze gede. Terus gadapet. Kesal. Tapi masih diusahakan maen.
+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+
Jadiiiiii keknya gak banyak yang tak mainin di 2020. Kalo diinget juga si rasanya ujung-ujungnya main eragames lagi ya yawda. MARI MASUK KE ANIMU YANG PERLU DIBICARAKAN DI 2020!!!!
Heaven's Feel III
WAH INI UNTUNG BAGUS LOH!!! Ya gimana, senang saia tuh sama ini animu. Jewel swordnya menyenangkan. Terus ada Zelrecth bersama itu leluhur tiga keluarga. Kyrie eleisonnya cakep. CRAZY TRAINNYA KECE BEUD BOS!!! Bellerophonnya nyala terus Pegasus keluar dari lingkaran pas ditarik itu keren banget sih. Terus pas Heaven's Feel lingkaran 7 biji nyala saia seneng banget pengen goyang2 gak jelas tapi di bioskop jadi saya anteng. Tapi Nine Bullet Revolvernya jele jadi yawda. TAPI "Tsuitekoreru ka"NYA KEREN PISAN BOI!!! O sama Rho 4 kelopak juga menyenangkan si.

Kimetsu no Yaiba: Mugen Ressha
Jadi sama kayak seriesnya, animasinya keren tapi ceritanya yawda. Berhubung banyak berantemnya, berarti tandanya banyak animasi kecenya jadi ya yawda. Highlight saia pas Tanjiro mulai bunuh diri itu kece sih.
Strike Witches: Road to Berlin
Untuk sebuah series yang udah bertahun-tahun ngga muncul mendadak "Eh iya, kita mau bikin sekuel nih" buat saya ini lumayan sih. Ceritanya banyak yang keren, ngena di hati, lucu, dan lain sebagainya. TAPI FANSERVICE AING MANA??!! Ya mungkin yang beginian mulai susah dijual TAPI KAN WA PENGEN!!! Tapi oke kok.
Bakarina
Ini tumbenan saia suka sih. Ya tapi bagus jadi gimana. Bakarinanya sesuai nama. Terus ceritanya gak kebanyakan drama, straight to the point, dan lawak. Ya saia seneng lha yang begini.
Tamayomi
Ok, ini beautiful disaster ini. Kirara loh. Mosok keajaiban begini. Ya studionya juga studio jarang muncul si. Tapi saia senang. Ceritanya lebih banyak maen baseballnya daripada Hibike euphonium main brassnya. Gak kepanjangan drama gak jelasnya. Apakah saia akan merekomendasikan ini ke orang lain? Tentu tidak.
Eizouken ni wa Te wo Dasuna!
Oke. Ini manga yang sangat cocok kalo diterjemahinnya gaya begini. Science SARU menang banyak si di sini. Ceritanya menarik. Terus ternyata dunianya juga menarik sayang kurang, walau sudah, diexplore. Padahal saia seneng kalo ada cerita dunianya.

Ishuzoku Reviewers
Siapa sih yang ga seneng ini? Ini udah di strike zone saia banget ini.

Princess Connect! Re:Dive
Jadi tumben-tumbenan ada animu dari game gacha yang nyangkut di saia. Ya mungkin karena di awal ini comfy as fuck jadi saia seneng. Tapi ya tapi KENAPA NAMANYA CYGAMES PICTURES SIH? KENAPA GAK CyPictures APA CyAnimation GITU LOH BIAR SENADA SAMA YANG LAEN AH KESAL.
Udahlah ya. Saia mo nulis apa lagi sih? Eh ya sama akhir tahun ada carnival phantasm tapi FGO tapi ya gatau bagus apa ngga jadi yawda.
+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+=+
BERUBUNG INI DITULIS DI AWAL TAHUN BUKAN AKHIR TAHUN, JADI SAIA UDAH NONTON ITU ACARA SPESIAL AKHIR TAHUN FATE. HOOOOOOO BOOOOOOOOOIIIIII!!!!!
Ya jadi pertama Fate Grand Carnival ini lucu pisan. Ada banyak kucing-kucing Hassan abal terus itu ternyata memang penonton. Sayang cuma 15 menit dan berujung OVA lagi kayak dulu. Jadi yawda ditunggu sadjah.
Terus apa itu Muramasa rilis oh iya. MURAMASA RILIS??!!! Ya jadi ya yaaaaaaaaaaaaaaaaa untung dapet :^)
DAN INI YANG PALING PENTING BOI!!!! TSUKIHIME AKHIRNYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!!!!! Saya termasuk yang lumayan tida mengerti Tsukihime mengingat dia banyak banget sumbernya (apa prelude apa talk) tapi ya saya senang. Openingnya kece pisan lagi walau gatau itu mas-mas yang rambut putih panjang siapa. Ada yang bilang Enhance sih tapi..... gak mirip Dante ah.
Yaaaaaa yawdalah ya
Comments
Post a Comment